Rabu, 13 Oktober 2010

ZUHUD Dan QANA’AH

Tidak ada yang lebih berguna dari pada BUKU, tidak ada yang lebih memberi peringatan dari pada KUBURAN, tidak ada yang lebih membosankan dari pada MAKSIAT, tidak ada yang lebih mulia dari pada sikap ZUHUD, dan tidak ada kekayaan yang lebih baik dari pada QANA’AH 

Makanan adalah kebahagiaan untuk sehari, perjalanan adalah kebahagiaan untuk seminggu, pernikahan adalah kebahagiaan untuk sebulan, harta adalah kebahagiaan untuk setahun, dan keimanan adalah kebahagiaan untuk seumur hidup.

Kehidupan yang sempurna itu adalah ketika anda di masa muda mencurahkan seluruh waktu anda untuk ambisi – ambisi anda, ketika di masa dewasa mencurahkan seluruh waktu anda untuk berjuang, dan ketika anda di masa tua mencurahkan seluruh waktu anda untuk merenung.

Wanita cantik dan bertakwa, rumah yang luas, rezeki yang cukup, dan tetangga yang shalih adalah nikmat – nikmat yang hanya diketahui oleh sedikit orang.

Shalat di malam hari adalah keindahan di siang hari. Senang melakukan kebaikan kepada sesama adalah bagian dari kesucian nurani. Dan menunggu jalan keluar dengan sabar adalah ibadah.

Tanda kebodohan itu adalah membuang – buang waktu, menunda – nunda taubat, menggantung pada orang lain, durhaka pada orang tua, dan menyebarkan rahasia orang lain

Keamanan adalah tempat datar yang paling lapang. Kesehatan adalah pelindung diri yang paling sempurna. Ilmu adalah makanan yang paling lezat. Cinta adalah obat yang paling mujarab. Dan lindungan Allah atas segala keburukan kita adalah pakaian yang paling baik.

Jauhilah kesediahan, sebab kesedihan adalah racun. Jauhi sikap lemah, karena sikap lemah adalah kematian. Jauhi kemalasan, sebab kemalasan adalah kegagalan. Dan jauhi pendapat yang tidak lurus, karena pendapat seperti itu adalah manajemen yang buruk.

Ilmu itu teman akrab dalam kesepian, sahabat dalam keterasingan, pengawas dalam kesendirian, penunjuk jalan ke arah yang benar, penolong di saat sulit, dan simpanan setelah kematian.

Carilah bagian anda dalam diam. Sebab orang diam selalu disegani. Orang yang tidak banyak bicara akan selalu dicintai, sedangkan bencana selalu lahir dari ucapan.

Orang yang berpuasa akan baik makanannya, yang bangun malam akan menjadi teratur tidurnya, yang baik hati akan banyak mendapatkan pujian, dan yang mulia akan banyak pendengkinya.

Kehidupan ini adalah kesempatan yang hanya bisa dirasakan setelah kehilangan. Sedangkan kesehatan itu adalah mahkota yang bersemayam di atas kepala orang – orang yang sehat, yang hanya bisa dilihat oleh orang – orang yang sakit.

Dapatkanlah kenikmatan dengan melihat pagi yang mulai menyingsing. Sebab cahaya pagi memiliki keindahan, keagungan, dan pancaran yang akan membukakan harapan dan optimisme
Wahai pemilik nyawaku
Betapa lemah diriku ini
Berat ujian dari Mu
Ku pasrahkan semua pada Mu Tuhan
Baru ku sadar indah nikmat sehat itu
...

1 komentar:

  1. wahh...ini baru Makna Hidup dan hidup yang bermakna! semga engkau bro selalu dlm Rahmat ALLAH... Amiin.
    semakin jauh kau berjalan
    semakin dalam kau menyelam
    semakin tinggi kau terbang,
    dimanpun arahnya adalah jalan Allah SWT.
    tp awas onak dan duri, awas tenggelam dan awas terjatuh.... do'a ku bersama mu....hmm

    wasslm.

    BalasHapus